Kolaborasi Bersama IPTABI dan TBI UIN Raden Mas Said Surakarta, TBI UIN Gus Dur Pekalongan Selenggarakan Kuliah dengan Tema Isu Pembelajaran Bahasa Indonesia Mutakhir

       Pekalongan (2/6) – Sebagai pengembangan kompetensi mahasiswa dan pelaksanaan kerja sama antara dua Lembaga yaitu UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dengan UIN Raden Mas Said Surakarta, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia melaksanakan kegiatan Visiting Lecture sebagai kuliah bersama. Visiting Lecture diisi oleh Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. yang merupakan Ketua Ikatan Prodi Tadris Bahasa Indonesia PTKI (IPTABI) sekaligus sebagai Ketua Jurusan Bahasa di Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta. Tema visiting lecture mengangkat isu-isu yang sedang hangat menjadi perbincangan dalam dunia pendidikan terkait “Pembelajaran Bahasa Indonesia Mutakhir”. Tema tersebut didasarkan pada beberapa isu tentang pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum Merdeka salah satunya adalah tentang sastra masuk kurikulum.

       Kegiatan Visiting Lecture diikuti oleh 103 mahasiswa dan dosen dari Prodi Tadris Bahasa Indonesia UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dengan Prodi Tadris Bahasa Indonesia UIN Raden Mas Said Surakarta. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ketua Prodi Tadris Bahasa Indonesia UIN Gusdur Pekalongan, Abdul Mukhlis, M.Pd. Dalam sambutannya, Ketua Prodi TBI UIN Gusdur Pekalongan mengawali dengan melakukan sosialisasi visi keilmuan dan tujuan program studi. Sosialisasi visi keilmuan dan tujuan prodi sebagai upaya pengenalan dan pemaknaan terhadap kehadiran prodi ditengah-tengah mahasiswa. Selain itu, Abdul Mukhlis, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan Visiting Lecture ini hadir untuk menyikapi adanya beberapa isu tentang dunia pendidikan, baik dari Kurikulum Merdeka hingga yang baru saja disahkan tentang Sastra Masuk Kurikulum”. Isu-isu tersebut tentu bersinggungan dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia.

        Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dr. Siti Isnaniah yang dimoderatori oleh Dosen Tadris Bahasa Indonesia, Rissa Sofiani, M.Pd. Dalam penyampaian materinya, Dr. Siti Isnaniah membuka terlebih dulu dengan pembagian permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia Mutakhir yaitu sastra masuk kurikulum, MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), serta adanya Permendikbudristek Nomor 23 Tahun 2023. Beliau mengenalkan pula pelaksanaan MBKM yang dapat dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk pengembangan diri sekaligus memberikan pandangan bagaimana implementasi delapan jenis program MBKM di perguruan tinggi. Berbagai praktik baik yang pernah dilakukan oleh Dr. Siti Isnaniah tentang pengembangan mahasiswa untuk dapat melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia mutakhir dibagikan dengan sangat lengkap dan menarik. Pengalaman sebagai pengajar BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) hingga bertindak sebagai penilai buku di Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI memunculkan ketertarikan tersendiri oleh mahasiswa TBI UIN Gusdur Pekalongan.
Penyampaian materi yang menarik membuat mahasiswa antusias dalam menyampaikan pertanyaan. Pertanyaan disampaikan oleh tiga mahasiswa yang tertarik ingin tau tentang kontribusi mahasiswa dalam akreditasi, pelaksanaan pembelajaran BIPA, hingga persiapan yang harus dimiliki atau dilakukan ketika ingin menjadi pengajar BIPA. Kegiatan Visiting Lecture ditutup dengan foto bersama dengan lambang literasi sebagai ciri khas Program Studi Tadris Bahasa Indonesia.